Senin, 20 September 2010

Membantah Kiamat 2012 (Part 1)

Saya sempat tertarik dengan sebuah buku karya Lawrence e. joseph, yang judulnya sangat menantang untuk diketahui “KIAMAT 2012”. Tadinya saya berpikir itu hanyalah sebuah judul, agar semua orang terinspirasi untuk membaca. Atau hanya sebuah pelengkap kalimat mengenai kiamat ekonomi global yang belum lama saya membaca bukunya. Ternyata “SALAH BESAR”, semakin lama saya membaca, semakin merasa, itu konyol, dan tidak berminat lagi untuk membacanya. Kenapa? Dengan pasti ia menuliskan bahwa tepat tanggal 21 bulan 12 tahun 2012 adalah hari terjadinya kiamat. 211212, angka yg cantik jika dijadikan nomer handphone, kenapa tidak 121212, mungkin itu lebih baik.
merasa tidak ingin membahas lebih jauh, saya menolak untuk membahas atau mengungkapkan penolakan saya. setelah kurang lebih dua bulan, menguak kehebohan di berbagai tempat diseluruh dunia, yang baru-baru ini meluncurkan film tentang 2012.
Hmmm, ternyata topik ini lumayan membuat saya berfikir, pasti ada sebuah alasan yang melatarbelakanginya yang menjadi inspirasi para penulis kiamat 2012 dari berbagai versi untuk menulis hal tersebut. Akhirnya saya membaca lagi, dan hasilnya semakin sulit diterima. Ia (lawrence) mendapatkan hal itu dari perjalanannya ke Guatemala, untuk menemui dukun maya atau bangsa maya, yang meyakini perhitungan melalui kalender.

Semakin besar keinginan saya untuk membuktikan itu. Beberapa fakta geofisika, biologi, dan masih banyak lagi, mendukung teori Lawrence, salah satunya telah diketahui terdapat retakan lempeng bumi yang besarnya sebesar California.
Lumayan terkejut..!! mengetahui belum dapat dilupakan tsunami yang terjadi beberapa tahun lalu, akibat terjadinya pergeseran lempeng. Dan saya bahkan memiliki beberapa faktor yang bisa mendukung pendapat Lawrence.
- 2 September 2009
Gempa berkekuatan 7.3 SR mengguncang jawa barat
- 23 Oktober 2009
Badai debu terburuk dalam 70 tahun terakhir menerpa bagian timur Australia
- 28 Oktober 2009
Banjir akibat badai ketsana di Filipina mengakibatkan setidaknya 86 orang tewas & 435.000 orang kehilangan tempat tinggal.
- 29 Oktober 2009
Gempa bumi yang terjadi di Samoa memicu gelombang tsunami yang mengakibatkan sedikitnya 77 orang tewas.
- 30 Oktober 2009
Gempa bumi 7,6 SR terjadi di sumatera barat, memakan korban setidaknya 1100 orang


the mayan civilization... judul yang saya temukan di wikipedia, jika benar perhitungan bangsa maya menunjukkan bahwa tahun 2012 lah yang menjadi tahun terjadinya kiamat, itu jelas salah, bagaimanapun secara spesifiknya pemberitaan tentang tahun 2012, bangsa maya mengatakan kiamat akan terjadi sekitar tahun 1992-2012, lalu mengapa harus 2012.. tidak menutup kemungkinan 2010, dan 2011 kiamat juga akan terjadi.

Logika saya bermain, pembuktian dan pembenaran serta erorr thinking pun saya gunakan untuk membantahnya, kenapa tidak..
pertama, sebelum beredar film menggemparkan tentang 2012 yang baru-baru ini muncul, bagi saya hanya sebuah respon terlambat dari masyarakat. karena sebelum film itu, sudah banyak edisi-edisi lain yang menceritakan tentang kiamat 2012, saya memiliki 3 film serupa itu didalam koleksi saya, dengan berbagai judul the supernova 2012, 2012 earthquake, dan yang terakhir doomsday 2012, 3 edisi film berbeda dengan setting berbeda dan cerita yang berbeda meskipun intinya sama. menonton ketiganya, mungkinkah kiamat juga akan terjadi dari berbagai edisi, ada sequelnya? huffft whatever..

berpatokan dari berbagai bencana yang terlampir di atas, tidak sepenuhnya mendukung terjadinya kiamat 2012, itu hanya beberapa bencana yang pada hakikatnya terjadi akibat ulah manusia. mungkin beberapa orang merasa "ngeri" dengan banyaknya bencana yang timbul di berbagai tempat di seluruh dunia, tidak sedikit dari masyarakat mengiyakan teori sampah 2012. saya memiliki beberapa data-data mengenai bencana di seluruh dunia yang terjadi 10-50 tahun yang lalu, hasilnya menyatakan bahwa bencana adalah rutinitas dari kegiatan bumi. tapi terdapat perbedaan yang mencolok dari bencana tahun ini dan puluhan tahun sebelumnya. beberapa puluh tahun sebelumnya bencana-bencana datang lebih dahsyat, memporak-porandakan seisi bumi lebih dari bencana-bencana yang terjadi beberapa tahun terakhir ini. jadi tariklah nafas dan hembuskanlah dengan kencang, itu artinya bencana yang terjadi kali ini hanyalah refleksi dari bencana puluhan tahun sebelumnya, yang tidak seutuhnya sama.

(bersambung...)

1 komentar: