Rabu, 22 September 2010

Membantah Kiamat 2012 (END)

Hmmm, beberapa orang mungkin akan ada yang menolak pemikiran saya hanya berdasarkan tentang error thinking tanpa membeberkan situasi dengan logika. Tapi apakah kiamat 2012 juga dapat diterima dengan logika? Jika menurut Lawrence pengarang buku kiamat 2012 yang saya baca mengatakan kiamat akan terjadi tepat tanggal 21 bulan 12 tahun 2012, beberapa ilmuwan cukup banyak yang tidak sependapat dengannya. Pada hakikatnya para ilmuwan menyatakan kemungkinan bencana terbesar terjadi pada 2012, tapi tidak sama dengan tanggal dan bulan yang dinyatakan oleh Lawrence.
Perdebatan pun mulai terjadi, sebenarnya akan terjadi kapan?

Saya mempercayai bukti-bukti nyata aktifitas bumi dan tata surya yang mulai mengalami kontraksi akhir-akhir ini. Tapi bagaimana saya mempercayai ramalan..

Saya tempatkan diri saya dan anda menjadi seorang pemikir, akankah jika kita mendapati sebuah keterangan, atau sebuah pernyataan dari seseorang lalu dengan mudah kita terima dan mengiyakan. Tentu tidak! Sebagai seorang pemikir, kita akan mencari bukti, mencari kebenaran dan keabsahan, bahkan jika bukti-bukti belum meyakinkan, kita akan menunggu pembuktian tersebut dengan merasakannya langsung. Bagaimanapun seorang pemikir akan merasakan bahwa bisa ular itu berbahaya, jika ia sudah melihat bukti atau bahkan telah merasakan bisa itu sendiri.

Bangsa maya dikatakan telah ada sejak berabad-abad sebelum masehi, bagaimana ia bisa memprediksikan kejadian dengan menggunakan perhitungan kalender masehi apabila sebelumnya mereka sudah memiliki kalender sendiri. Dan menggunakan penanggalan 2012 menurut kalender mereka.
Tidak adil rasanya jika seorang peneliti hanya mengungkapkan sesuatu dengan melihat ruang lingkup di sekitarnya. Jika anda adalah seorang masyarakat berdarah keturunan china/tionghoa, anda tentunya mempercayai penanggalan melalui kalender china, yang saat ini sudah memasuki tahun ke 2500-an, itu artinya kiamat bagi masyarakat tionghoa telah berakhir beratus tahun yang lalu. dan jika anda seorang muslim, atau seorang berdarah keturunan timur tengah yang biasa menggunakan penanggalan hijriah, yang saat ini sudah memasuk tahun ke 1430 hijriah, itu artinya kiamat 2012 akan muncul 6 abad yang akan datang.

“dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya….” (Al-Hajj :7)

“dan aku tidak mengira hari kiamat itu akan datang…” (Al-Kahfi : 36)

Jika anda adalah seorang penggemar sepak bola, tentunya anda tahu di dalam lapangan terdapat player (pemain), dan juga supporter (pendukung/penonton). Lalu di sisi bagian mana anda akan mengambil peran dalam masalah ini, apa hanya sebagai penonton yang tiba-tiba takut menyadari salah satu anggota tim favoritnya cedera dan langsung berfikir tim itu akan kalah. Atau anda akan menjadi seorang pemain yang putus asa melihat salah satu anggota tim anda mengalami cedera dan menyadari tim anda akan sepenuhnya gagal. Begitulah posisi seseorang yang mempercayai omongan sampah 2012, anda hanya diliputi keraguan, ketidakpastian, dan paranoid belaka. Lalu kita harus menempati diri sebagai apa? Saya akan memilih keduanya, saya akan menjadi supporter yang setia, dan yakin apapun yang akan terjadi, tim unggulan saya akan menang, dan saya juga akan menjadi pemain yang akan mengandalkan kemampuan diri saya sendiri meskipun pemain terbaik dari tim saya mengalami cedera. Dan mungkin saya juga akan mengambil posisi ketiga dalam lapangan yaitu sebagai komentator, yang akan mengomentari bahwa kekalahahan tidak berada di pihak tim kami.

Bagaimanapun yang terjadi nanti, anda dan juga saya adalah seorang pemain dalam kehidupan di dunia ini, kita yang akan menjadi pemain dalam menyikapi kiamat 2012. Kita juga akan menjadi penonton yang melihat kebenaran tentang kiamat 2012 nantinya, dan setelah itu masing-masing dari diri kita akan mengomentari apakah kiamat 2012 adalah kiamat yang sesungguhnya atau hanya ketakutan yang tidak beralasan. Siapkan diri anda dengan apapun yang akan terjadi, saya akan menggunakan pepatah sedia payung sebelum hujan, tapi jangan anda buka payung itu selagi langit hanya terlihat mendung dan belum menitikkan airnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar